Minggu, 20 Juli 2014

Teknik Komunikasi

Komunikasi adalah hubungan kontak antar manusia baik individu maupun kelompok. Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak disadari komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia itu, paling tidak sejak ia dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya. Gerak dan tangis yang pertama pada saat ia dilahirkan adalah tanda komunikasi.
Sementara itu, utk menjalin rasa kemanusiaan yang akrab diperlukan saling pengertian sesama anggota masyarakat. Dalam hal ini faktor komunikasi memainkan peran penting, apalagi bagi manusia modern. Manusia modern yaitu manusia yang cara berfikirnya tidak spekulatif, tetapi berdasarkan logika dan rasional (penalaran) dalam melaksanakan segala kegiatan dan aktivitasnya. Kegiatan dan aktivitas itu akan terselenggara dengan baik melalui proses komunikasi antar manusia. Komunikasi telah menjadi bahan dari kehidupan manusia.
Berhasilnya suatu komunikasi ialah apabila kita mengetahui dan mempelajari unsur-unsur yang terkandung dalam proses komunikasi. Unsur-unsur yg dimaksud adalah sumber (resource), pesan (message), saluran (chanel, media) dan penerima (receiver, audience).
Dalam proses komunikasi bersamaan tersebut diusahakan tukar menukar pendapat, penyampaian pesan informasi, serta perubahan sikap dan perilaku. Pada hakekatnya setiap proses komunikasi terdapat unsur-unsur tersebut yaitu sumber, pesan, saluran, dan penerima, disamping masih terdapat pula unsur pengaruh (effects) dan umpan balik (feed back). Bagaimanapun juga setiap komunikasi yg dilakukan senantiasa menambah efek positif atau efektivitas komunikasi. Komunikasi yg tdk menginginkan efektivitas, sesungguhnya adalah komunikasi yg tidak bertujuan. Efek dalam komunikasi adalah perubahan yg terjadi pada diri penerima (komunikan atau khalayak), sebagai akibat
pesan yg diterima baik langsung maupun tidak langsung/maupun media massa jika perubahan itu sesuai dengan keinginan komunikator, maka komunikasi itu disebut efektif.
Disiplin ilmu psikologi mencoba menganalisa seluruh komponen yg terlibat dalam proses komunikasi. Pada diri komunikan, psikologi memberikan karakteristik manusia komunikan serta factor-faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi perilaku komunikasinya. Pada komunikator, psikologi melacak sifat-sifatnya dan bertanya: Apa yg menyebabkan satu sumber komunikasi berhasil dalam mempengaruhi orang lain, sementara sumber komunikasi yang lain tidak?. Psikologi juga tertarik pada komunikasi diantara individu: Bagaimana pesan dari seorang individu mejadi stimulus yang menimbulkan respon pada individu yg lain. Psikologi meneliti proses mengungkapkan pikiran menjadi lambang, bentuk-bentuk lambang, dan pengaruh lambang terhadap perilaku manusia dan pada saat pesan sampai pada diri komunikator, psikologi melihat ke dalam proses penerimaan pesan, menganalisa factor-faktor personal dan situasional yang mempengaruhinya, dan menjelaskan barbagai corak komunikan ketika sendirian atau dalam kelompok.

disini saya akan mebagikan beberapa materi dalam Teknik berkomunikasi,,,
yang kepengen silahkan download aja ya.?

Presentasi Yang baik Download disini
Full karya bu yenny nurchasanah Download disini
Mempersiapakan Presentasi Download disini
7 poin sucses presentasi Download disini
comunication skill Download disini
komunikasi pertama Download disini
Membangun komunikasi 2 arah Download disini
Strategi Komunikasi dan Presentasi Download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar